Tips aman gunakan stiker Add Yours di Instagram

Seorang pengguna Instagram menjadi korban penipuan setelah mengumbar data pribadi melalui stiker Add Yours. Berikut tips aman yang bisa Sahabat Tek lakukan.

Tengah ramai di Twitter pembicaraan soal penipuan yang memanfaatkan stiker Add Yours di Instagram. Ini dimulai ketika seorang pengguna Twitter (@ditamoechtar) menceritakan bagaimana temannya menjadi korban penipuan setelah membagikan nama panggilannya melalui tren stiker Add Yours di Instagram.

Selama sebulan terakhir ini, stiker Add Yours memang menjadi tren di kalangan pengguna Instagram. Stiker itu memungkinkan pembuat konten untuk mengubah Stories mereka menjadi utas dimana pengguna lain dapat merespons dengan konten mereka sendiri yang cocok dengan permintaan atau pertanyaan yang dibuat. Mereka yang berpartisipasi juga dapat melihat jawaban orang lain yang ikut serta.

Rupanya, cara ini memberikan peluang kepada para penjahat siber untuk mengumpulkan informasi pribadi calon korban. Melalui pertanyaan yang bersifat pribadi, oknum dapat mengumpulkan jawaban dengan mudah. Dalam kasus ini, teman Dita menjawab pertanyaan terkait nama-nama panggilan dan salah satu jawabannya adalah panggilan masa kecil.

Sejatinya, Instagram meluncurkan stiker Add Yours untuk membuat setiap pengguna saling berinteraksi dan untuk meningkatkan jumlah pengikut dilihat dari bagaimana stiker ini bekerja. Fitur Stiker pertama kali diluncurkan pada 2 November lalu dan langsung menjadi tren Stories pengguna Indonesia.

Selain permintaan data pribadi yang disalahgunakan, stiker Add Yours telah digunakan untuk membuat banyak konten lain yang lebih inspiratif dan menyenangkan, seperti outfit of the day, kalimat motivasi dan lainnya.

Nah, berikut ini hal yang sebaiknya kamu hindari ketika ingin menjawab stiker Add Yours di Instagram, agar terhindar dari kejahatan siber.

  • Jangan sebar foto kartu identitas
  • Jangan bagikan tanda tangan
  • Jangan sebutkan hal privasi seperti nama panggilan, nama orangtua, tanggal lahir, dan lainnya
  • Jangan unggah foto tiket dengan barcode
  • Jangan bagikan tangkapan layar dari percakapan di WhatsApp atau aplikasi pesan apapun

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia