Xiaomi 11T, smartphone harga terjangkau tapi kaya fitur

Jika kalian mencari sebuah smartphone terjangkau dengan fitur yang melimpah, coba lirik smartphone terbaru dari Xiaomi, yakni Xiaomi 11T.

Xiaomi baru saja mengumumkan smartphone terbaru mereka, yakni Xiaomi 11T. Perusahaan menawarkan smartphone dengan CPU high-end dan kamera video yang apik namun tetap dengan harga yang terjangkau.

Ada banyak hal yang menarik perhatian dari smartphone yang satu ini, dimulai dari desainnya. Untuk itu, simak ulasan ini selengkapnya untuk mengetahui keunggulan Xiaomi 11T.

Desain

Secara umum, perangkat ini memiliki desain yang mirip dengan Xiaomi Mi 11, dimana desainnya kekinian, dan memiliki pilihan warna yang menarik. Untuk unit yang dibahas kali ini, Xiaomi memberikan pilihan warna Celestial Blue. Warna ini sangat menarik perhatian, karena memiliki color shift sehingga pengguna akan melihat warna berbeda dari sudut penglihatan berbeda.

Namun, yang paling menarik dari desain Xiaomi 11T ini adalah desain kameranya yang unik. Sekilas, housing kamera dari smartphone yang satu ini terlihat seperti sebuah kaset. Hal ini membuat tampilan smartphone terlihat sedikit retro.

Memang, smartphone ini tidak memiliki pemindai sidik jari di bawah layar. Xiaomi menempatkan pemindai sidik jari tersebut di bagian tombol power di sebelah kanan. Bagi sebagian orang, mereka lebih memilih untuk mendapatkan pemindai sidik jari tipe ini karena lebih cepat dan akurat.

Sensor pemindai sidik jari ini pun sangat responsif, jadi tidak perlu menunggu lama untuk membuka perangkat. Bahkan, pengguna akan dapat membuka kunci layar meski mereka tidak memencet tombol power.

Layar yang digunakan di Xiaomi 11T ini juga sangat ciamik. Xiaomi menggunakan panel AMOLED dengan total 1 miliar warna berukuran 6.67 inci. Pengguna juga akan mendapatkan resolusi layar 1080 x 2400, yang mendukung refresh rate 120Hz, dukungan HDR10+, dan kecerahan layar hingga 1000 nits.

Layar ini mampu menghasilkan warna yang sangat baik, serta memiliki kecerahan layar yang nyaman digunakan di luar ruangan. Dan karena sudah mendukung HDR10+, pengalaman streaming menggunakan Netflix, Disney+, dan lainnya sangat menyenangkan.

Akurasi warnanya sangat baik, dan saat adegan gelap, layarnya dapat menghasilkan detail yang oke. Selain itu, karena sudah mendukung speaker Dolby Atmos, suara yang dihasilkan sangat mengesankan.

Bagi para gamer, dengan hadirnya refresh rate 120Hz akan memberikan pengalaman bermain gim terbaik. Apa lagi, saat ini sudah banyak gim yang mendukung fitur yang satu ini. Jika kalian senang bermain gim fase cepat seperti FPS dan MOBA, dengan contoh gim PUBG, MLBB, dan lainnya, kalian akan mendapatkan pengalaman bermain gim yang menyenangkan.

Respon layarnya sangat baik, karena hadir dengan touch sampling rate 240Hz. Jadi, kalian akan mendapatkan respon terbaik saat bermain gim. Sebab, biasanya di gim FPS atau MOBA, kecepatan menembak atau mengeluarkan skill menentukan menang kalahnya seseorang.

Dan jika kalian takut baterai dari smartphone ini cepat habis karena refresh rate yang tinggi, kalian tak perlu khawatir. Sebab, Xiaomi 11T memiliki fitur AdaptiveSync yang secara otomatis mengatur refresh rate sesuai aplikasi yang dijalankan.

Kamera

Selain itu, kamera yang ada di Xiaomi 11T juga tak kalah memuaskan. Kamu akan mendapatkan konfigurasi tiga kamera, dengan kamera utama 108 MP. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kamera ultrawide 8MP serta kamera telephoto macro 5MP. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 16MP.

Hasil kamera yang diberikan oleh smartphone ini sangat mengesankan. Terdapat berbagai macam mode yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan hasil foto yang diinginkan. Berikut ini hasil foto dari Xiaomi 11T:

Seperti terlihat di atas, hasil foto dari Xiaomi 11T sangat memuaskan. Kamu bisa melihat detail kecil dari sebuah objek tanpa kehilangan resolusi saat di zoom, meski tidak menggunakan fitur 108MP.

Saat menggunakan fitur kamera 108MP, hasil foto yang dihasilkan juga sangat detail. Saat di zoom hingga 3x, gambar yang diambil tidak mengalami penurunan kualitas yang drastis, sehingga aman jika ingin mencetak hasil foto di format yang besar.

Untuk fitur makro, hasil yang didapatkan smartphone ini pun terbaik di kelasnya. Kameranya dapat menangkap fokus meski jarak antara kamera dan objek berjarak 1cm hingga 2cm, dimana biasanya pengguna harus berada minimal 3cm.

AI yang ada di smartphone ini cukup pintar dalam membedakan objek. Responnya sangat cepat meski saat diuji berpindah dari satu objek ke objek lain dalam waktu singkat. Jadi, kamu akan mendapatkan foto yang sempurna di segala momen.

Sementara itu untuk video, terdapat banyak fitur yang dapat memanjakan para pengguna. Selain fitur perekaman video 4K, pengguna juga mendapatkan banyak fitur lainnya. Tak ketinggalan, smartphone ini juga memiliki penstabilan video yang sangat baik. Jadi, kamu bisa mengambil video terbaik tanpa khawatir hasil video yang diambil terganggu guncangan.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah fitur Vlog, dimana pengguna dapat menciptakan video layaknya profesional tanpa harus memiliki skill tingkat tinggi. Berikut ini beberapa contoh video menggunakan Xiaomi 11T:

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia