Bocoran Intel Meteor Lake mencuat, pakai 4 tumpukan

Dalam sebuah bocoran terbaru, disebutkan Intel akan menggunakan teknologi 4 tumpukan alias quad-tile generasi terbaru.

Rincian lebih lanjut mengenai CPU Intel generasi selanjutnya, yakni Meteor Lake kembali mencuat. Bocoran ini cukup menarik mengingat Intel baru akan meluncurkan prosesor ini pada 2023.

Seperti diketahui, jajaran prosesor Intel generasi ke-14 ini akan menggunakan teknologi chipset hybrid. Satu cluster CPU merupakan cluster CPU dengan performa tinggi dan satu cluster lain merupakan cluster CPU irit daya.

Namun, berbeda dengan CPU generasi saat ini, untuk jajaran prosesor Meteor Lake terbaru, terutama untuk laptop, akan menggunakan desain quad-tile. Dalam berbagai spekulasi, terdapat beberapa teori bagaimana CPU ini dibuat.

Kebanyakan orang berspekulasi bahwa di tumpukan tengah terdapat GPU, sedangkan tumpukan atas untuk komponen komputasi. Sedangkan di paling atas untuk CPU dan di paling bawah untuk SOC.

Wccftech (25/11) juga melaporkan bahwa wafer chip uji Meteor Lake miliki ukuran penampang 300mm secara diagonal. Namun, untuk sementara ini, wafer chip ini masih memiliki banyak dummy, yang digunakan untuk memastikan interkoneksi pada chip bekerja sebagaimana mestinya.

Intel telah mencapai Power-On untuk ubin CPU Meteor Lake Compute sehingga kita dapat mengharapkan chip final akan diproduksi akhir 2022 untuk dapat diluncurkan pada 2023 sesuai dengan rencana.

Selain itu, diketahui juga bahwa Intel akan menggunakan teknologi fabrikasi Intel 4 berbasis 7nm untuk prosesor generasi terbaru. Namun, ada juga beberapa pihak yang mengatakan Intel akan menunjuk TSMC untuk memproduksi CPU ini jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia