Indonesia Batasi Kedatangan dari 8 Negara Akibat Varian Baru Covid-19

Headlines.id – Pemerintah Indonesia melewati Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) resmi membatasi kedatangan dari 8 negara untuk mengantisipasi penyebaran varian baru Covid-19 di Indonesia yakni B.1.1.529 atau Omicron.

Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenkumham Nomor IMI-0269.GR.01.01 Tahun 2021 yang ditandatangani Plt Direktur Jenderal Imigrasi Widodo Ekatjahjana pada Sabtu (27/11/2021), dan efektif mulai Senin (29/11/2021).

“Tujuan diterbitkan surat edaran ini yaitu meningkatkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya imported case varian baru Covid-19 B.1.1.529,” ungkap Widodo.

SE tersebut mengutarakan, 8 negara yang kedatangannya dibatasi adalah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria.

Warga negara asing yang pernah dan/atau mendatangi 8 negara itu dalam kurun waktu 14 hari sebelum memasuki Nusantara dilarang berkunjung untuk sementara waktu.

Widodo dalam SE tersebut mengatakan, ada juga penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga dari 8 negara tersebut.

“Ketentuan sebagaimana dimaksud dikecualikan terhadap orang asing yang akan mengikuti pertemuan terkait Presidensi Indonesia dalam G20,” ucapnya.

Perihal kebijakan tersebut, berlaku hingga waktu yang belum ditentukan dan akan dievaluasi lebih lanjut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia