Polri Kerahkan 1.117 Personel Brimob ke Lumajang, Bantu Penanganan Dampak Erupsi Semeru

Headlines.id – Kepolisian RI (Polri) mengerahkan 1.117 personel Brimob dari beberapa wilayah untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru. Hal ini sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ucap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

“Bapak Kapolri kemarin memerintahkan siapkan 1.117 personel Brimob dari Kelapa Dua, kemudian dari Polda Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat,” ucap Dedi saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Dedi mengungkapkan, seluruh personel tersebut dikerahkan guna membantu proses evakuasi, bantuan sosial, hingga proses penanganan rehabilitasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Diketahui, Kabupaten Lumajang adalah daerah yang terdampak erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Selain itu, Polri juga menurunkan enam anjing pelacak dan 12 personel untuk mencari korban yang belum ditemukan. Lalu, Polri juga mendirikan dapur lapangan untuk membantu kebutuhan makanan bagi pengungsi serta mengerahkan tim Disaster Victim Identification (DVI) dari Rumah Sakit Bhayangkara Jakarta ke Lumajang.

“Tim DVI dari Rumah Sakit Bhayangkara juga hari ini berangkat ke Kabupaten Lumajang dalam rangka untuk membantu proses percepatan identifikasi korban yang ada beberapa korban yang belum teridentifikasi,” pungkasnya.

Menurut informasi, Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu sekitar pukul 15.20 WIB setinggi 3.676 MDPL. erupsi ini mengakibatkan korban meninggal dunia sebanyak 15 orang hingga Senin siang tadi.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru juga melaporkan jumlah warga yang masih dinyatakan hilang sebanyak 27 orang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia