Nissan & JAXA kembangkan prototipe kendaraan untuk di bulan

Prototipe rover yang dibuat Nissan ini menggunakan teknologi kontrol motor yang sudah dikembangkan untuk kendaraan listrik LEAF dan teknologi kontrol roda e-4ORCE.

Nissan mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan Japanese Aerospace Exploration Agency (JAXA) untuk mengembangkan prototipe rover baru yang suatu hari nanti dapat menjelajahi permukaan bulan. Kerja sama ini diketahui sudah dimulai sejak Januari 2020 lalu dan banyak tantangan yang dihadapi dalam menyesuaikan teknologi dengan permukaan bulan.

Salah satu tantangan utama adalah regolith yang menutupi permukaan bulan. Regolith memiliki tekstur yang sangat halus dan cenderung menempel pada apapun yang disentuhnya. Dengan demikian akan lebih cepat merusak sensor.

Selain itu, permukaan bulan juga memiliki batuan dan medan bergelombang yang membutuhkan rover dengan kemampuan kontrol, kekuatan, dan ketahanan yang cukup untuk bertahan hidup dan beroperasi.

Prototipe rover yang dibuat Nissan ini menggunakan teknologi kontrol motor yang sudah dikembangkan untuk kendaraan listrik LEAF dan teknologi kontrol roda e-4ORCE yang digunakan pada crossover listrik Ariya yang baru, seperti dilaporkan SlashGear (7/12). Nissan mengatakan teknologi e-4ORCE adalah komponen penting bagi rover ketika melewati medan yang menantang.

Teknologi tersebut membantu meningkatkan pengendalian roda kendaraan di berbagai medan, terutama di kondisi berpasir dan terjal. Regolith bulan bukanlah pasir seperti yang kita lihat di pantai, tetapi memberikan beberapa tantangan yang sama bagi kendaraan beroda yang mencoba melewatinya.

Misalnya, ketika sebuah mobil melewati pasir, roda berputar menyebabkan mereka menggali ke permukaan dan membuat kendaraan terjebak di galiannya sendiri. Untuk membantu mencegah rover terjebak di regolith, Nissan mengembangkan kontrol tenaga penggerak yang meminimalkan putaran roda tergantung pada kondisi permukaan.

Nissan berharap melalui kerjasama dengan JAXA dapat membawa inovasi pada kendaraannya yang akan bermanfaat bagi pelanggan dalam jangka panjang. Di samping itu, belum ada informasi kapan prototipe dari rover bulan ini akan diwujudkan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia