Apple ingin buat lebih banyak chip sendiri

Apple akan mendirikan kantor baru sebagai pengganti sumber komponen saat ini yang berasal dari Broadcom dan Skyworks, menurut laporan Bloomberg.

Apple dilaporkan sedang merancang chip terbarunya sendiri. Tidak hanya satu, perusahaan akan membuat lebih banyak komponen chip dengan mendirikan kantor baru yang akan menggantikan sumber komponen saat ini yang berasal dari Broadcom dan Skyworks, menurut laporan Bloomberg.

Dikutip dari The Verge (17/12), kantor baru masih berada dalam tahap awal, tetapi pada akhirnya akan fokus pada wireless radio, radio-frequency integrated circuits, wireless system-on-a-chip, dan semiconductor untuk menghubungkan ke Bluetooth dan Wi-Fi.

Sementara SoC A-series dan M-series yang berisi CPU dan GPU untuk iPhone dan Mac Apple mendapatkan sebagian besar perhatian, sebenarnya ada banyak chip tambahan di dalam perangkat tersebut. Mereka menangani hal-hal seperti manajemen daya, konektivitas USB, pengisian nirkabel, dan lainnya.

Salah satu contoh chip pihak ketiga yang paling menonjol adalah modem iPhone, yang saat ini diproduksi oleh Qualcomm. Sayangnya, terjadi pertempuran hukum di antara perusahaan, sehingga Apple harus beralih menggunakan suku cadang Intel.

Keputusan Apple ingin membuat lebih banyak chip-nya sendiri mungkin bukan hanya untuk meningkatkan kontrol dan integrasi perangkat keras yang lebih besar, tapi juga untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik terhadap suku cadang saat ini. Seperti diketahui, Apple menjadi salah satu perusahaan teknologi yang terdampak oleh keterbatasan chip global yang sedang berlangsung.

Apple sebelumnya memiliki masalah pasokan suku cadang dengan pemasok Broadcom, yang memaksa perusahaan untuk memangkas target manufakturnya kembali pada bulan Oktober. Namun dengan memproduksi chip sendiri, dapat membantu Apple mengatasi beberapa masalah tersebut di masa depan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia