5 Cara menghasilkan uang dari Google

Ada banyak cara mendapat uang dari internet dengan memanfaatkan Google tanpa harus memiliki modal besar. Berikut ulasannya.

Di era digital saat ini, siapa yang tak kenal dengan Google? Raksasa teknologi yang menguasai berbagai teknologi. Terlepas dari berbagai layanan berbayarnya, Google ternyata juga menyediakan berbagai opsi monetisasi untuk para pengguna. Ada banyak cara mendapat uang dari internet dengan memanfaatkan Google tanpa harus memiliki modal besar.

Kamu hanya perlu mengetahui seluk beluk setiap aplikasi Google dan cara kerjanya, kemudian secara konsisten menekuninya. Di artikel ini, Tek.id akan membahas 5 cara mendapatkan uang dari Google. Berikut ulasannya.

1. Google Adsense

Hampir semua pengguna Youtube tahu apa itu Google Adsense, tetapi tidak semua orang tahu bagaimana cara kerjanya. Google Adsense adalah jaringan periklanan yang berfungsi dalam memonetisasi produk Google atau website dari platform lain. Google Adsense akan menampilkan iklan pada halaman website dan tentu saja Google akan membayar untuk iklan tersebut.

Google Adsense sering dikaitkan dengan Blogger atau Youtuber dan produk afiliasi marketing. Maka, untuk bisa mendapatkan uang dari Google Adsense, pastikan kamu memiliki website pribadi dari Blogspot, WordPress, atau apapun yang bisa dijadikan media penayangan iklan ataupun dengan sering membuat konten di Youtube.

Cara menghasilkan uang dari Google AdSense sebetulnya sangatlah mudah. kamu cukup mengisi formulir yang ada di website Google AdSense. Di sana akan ada kolom isian alamat website serta email yang bisa dihubungi. Lalu pihak Google akan mereview website/channel youtube yang kamu miliki. Jika sudah memenuhi semua persyaratan, kabar baik akan segera datang dalam waktu seminggu.

2. Google My Business

Bagi pemilik usaha, fitur Google My Business bisa jadi sangat bermanfaat. Dengan fitur ini, setiap bisnis yang kamu kelola akan mendapatkan atensi lebih dari pengguna Google yang mencari minat dan produk melalui Google Search atau Google Maps.

Dengan menggunakan Google My Business, lokasi usaha kamu akan terekspos secara luas dan kamu akan mendapatkan keuntungan lebih dari promosi lewat fitur ini. Google My Business juga memungkinkan kamu bisa membuat profil terkait bisnis yang sedang kamu jalankan dan menambahkan keterangan lengkap mulai dari nama bisnis, jam buka, update menu, media sosial dan website, foto, dan review. Semua informasi ini akan Google tampilkan dalam bentuk snippet menarik di sebelah kanan hasil pencarian.

Bagi kamu yang tidak mempunyai usaha tetapi ingin mendapatkan cuan dari platform ini juga bisa. Kamu cukup melakukan review ke tempat-tempat usaha tersebut, nantinya kamu bisa bekerja sama dengan pemilik usaha untuk mengklaim bayaran kamu.

3. Google Playstore

Jika kamu hobi dalam membuat aplikasi, Google Playstore adalah tempat yang cocok untuk kamu. Pasalnya, kamu dapat menghasilkan uang dari Google Playstore dengan membuat aplikasi smartphone yang nantinya diunduh oleh banyak pengguna.

Nantinya aplikasi yang terinstal akan Google tampilkan iklan pada layar pengguna yang mengunduhnya, dan tentunya Google akan membayar kamu. Selain itu juga kamu juga bisa menjual aplikasi dalam metode berbayar. Cukup cuan bukan?

4. Google Cloud

Tak banyak yang tahu tentang potensi cara mendapatkan uang dari platform Google yang satu ini. Google Cloud merupakan salah satu layanan hosting premium yang diluncurkan Google untuk mengakomodasi perkembangan dunia digital dan komputasi cloud yang semakin berkembang. Buat kamu yang memiliki bisnis digital dan berkaitan dengan perkembangan website atau pemilik startup, tentunya bisa menggunakan Google Cloud sebagai salah satu sarana pendukung.

Jika kamu tidak memiliki startup untuk menggunakan Google Cloud, maka cara mendapatkan uang dari Google Cloud versi kamu adalah mempelajari sistem kerjanya dan menawarkan jasa pengelolaan kepada startup atau pebisnis pemula.

5. Google Maps

Google Maps memiliki kegunaan untuk mencatat lokasi, mencari tempat tujuan, dan berkontribusi dalam mengembangkan geo-location pengguna. Google Maps sebenarnya tidak bisa disebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang dari Google, tapi kamu akan diberikan insentif.

Platform geo-location ini membuka kesempatan untuk para penggunanya berkontribusi dalam pengembangannya. Kontribusi tersebut bisa dalam bentuk ulasan, menilai, atau menambahkan foto lokasi. Jadi, bagi yang aktif dalam kontribusi tersebut, Google akan memberikan poin yang bisa ditukarkan dengan voucher hotel, diskon tiket bus, dan keuntungan lainnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia