MacOS 12.2 hadirkan AppKit untuk Apple Music dan TV

MacOS 12.2 kini tersedia dalam program beta publik, sehingga dapat diunduh oleh semua pengguna MacBook.

Dengan diperkenalkannya MacOS Catalina pada 2019, Apple mengakhiri keberadaan iTunes dengan mengubah fitur-fiturnya menjadi aplikasi Podcast, TV, dan Music. Namun, terdapat satu masalah yang dimiliki Music hingga saat ini, yaitu tampilannya yang tidak jauh berbeda dengan iTunes dan elemen streaming-nya seperti halaman web, bukan asli.

Berdasarkan laporan 9to5Mac yang dilansir dari The Verge (20/12), Apple sedang mempersiapkan MacOS 12.2 dan pengembang yang menguji versi beta dari pembaruan macOS Monterey tersebut menunjukkan versi terbaru dari aplikasi Music.

Meskipun masih memiliki beberapa bagian yang diadaptasi dari iTunes, namun aplikasi Music dan TV kini menggunakan tampilan AppKit asli alih-alih tampilan web. Tampilan ini akan membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan mudah digunakan ketika pengguna berinteraksi dengan layanan streaming, seperti mencari musik atau menggulir konten.

Versi beta dari pembaruan MacOS 12.2 juga sudah tersedia untuk publik, sehingga siapapun pengguna MacBook dapat menginstal dan mencobanya sendiri. Bagi pengguna MacBook Pro baru, versi beta ini juga akan meningkatkan pengalaman berselancar di Safari lebih lancar dengan dukungan fitur ProMotion.

Program beta terbuka untuk semua orang di situs web Apple. Untuk menginstalnya, pengguna perlu mendaftarkan perangkat dengan Apple ID di halaman Apple Beta Software. Kemudian, pilih MacOS di tengah halaman berikutnya dan gulir ke bawah hingga menemukan tombol bertuliskan, “Download the macOS Public Beta Access Utility.”

Pengguna juga disarankan untuk melakukan backup melalui Time Machine sebelum menginstal program beta publik. Sebab, memasang perangkat lunak yang masih beta sangat berpotensi menghadirkan masalah seperti bug.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia