MediaTek resmi luncurkan Dimensity 9000

MediaTek secara resmi memperkenalkan SoC flagship terbaru mereka, yakni Dimensity 9000 yang akan digunakan di smartphone mulai awal 2022 mendatang.

MediaTek secara resmi telah merilis SoC terbaru mereka, yakni Dimensity 9000. Seperti diketahui, SoC ini merupakan SoC 5G flagship yang biasa digunakan di smartphone kelas atas.

SoC ini disebut akan digunakan oleh beberapa vendor kenamaan. Sebut saja OPPO, vivo, Xiaomi, dan Honor yang akan meluncurkan smartphone dengan SoC ini pada awal 2022 mendatang.

“Dimensity 9000 adalah tonggak sejarah bagi MediaTek, menyoroti kebangkitan kami dengan hadirnya chipset smartphone 5G. Kehadiran chipset ini menunjukkan bahwa MediaTek dan seri Dimensity kami telah memasuki fase inovasi baru,” kata Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek, Dr. Yenchi Lee dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id.

“Dimensity 9000 adalah chipset yang paling kuat dan hemat energi hingga saat ini, menghadirkan sejumlah teknologi pertama di industri dan rangkaian fitur yang lengkap untuk para penggemar teknologi yang paling cerdas.”

Dimensity 9000 hadir dengan arsitektur CPU Armv9. SoC ini memiliki delapan inti dengan konfigurasi satu core ultra Cortex-X2 yang berjalan hingga 3,05 GHz, tiga core kinerja A710 yang berjalan hingga 2,85 GHz, dan empat core efisiensi Cortex-A510.

SoC ini juga hadir dengan dukungan RAM LPDDR5X yang mendukung kecepatan hingga 7500Mbps. Chipset ini juga mengintegrasikan Application Processor Unit (APU 5.0) generasi kelima dari MediaTek, yang menawarkan peningkatan efisiensi daya 4X lebih baik dibandingkan dengan APU generasi sebelumnya.

Untuk GPU, mereka menggunakan GPU Arm Mali-G710 MC10 digabung dengan kehadiran HyperEngine 5.0 MediaTek. Lalu, adajuga MediaTek Imagiq 790 yang hadir dengan Image Signal Processor (ISP) HDR 18-bit dengan dukungan sensor kamera hingga 320MP.

Pengguna juga dapat merekam video HDR 18-bit di tiga kamera secara bersamaan. ISP 9 Gpixel/s yang andal juga mendukung video 4K HDR + AI noise reduction yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Terdapat juga modem 5G terintegrasi yang berjalan di sub-6GHz hingga downlink 7Gbps menggunakan 3CC Carrier Aggregation (300MHz). Lalu, ada juga MediaTek MiraVision 790 yang memungkinkan smartphone memiliki layar 144Hz WQHD+ terbaru atau layar Full HD+ 180Hz.

Di sisi lain, hadir juga dukungan Wi-Fi 6E, GNSS baru dengan Beidou III-B1C dan Bluetooth 5.3 baru.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia