Tips hemat kuota saat pakai Instagram hingga Google Meet

Meskipun ada persamaan dan perbedaan antara perangkat Apple dan Android, berikut Tek.id rangkum cara hemat data internet di Android dan Apple.

Seiring berkembangnya konektivitas Internet, skema harga jual kuota internet juga berkembang. Dengan adanya layanan streaming video dan juga platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok yang telah menyertakan konten video sebagai daya tarik utamanya, membuat pengguna semakin sulit untuk mengurangi penggunaan data internet di smartphone.

Kehabisan paket kuota data di saat genting adalah momok bagi para pengguna smartphone. Yang menyebalkan, kuota internet sering kali terpakai tanpa disadari. Selain aktif menghindari konten berukuran besar saat tidak tersambung dengan Wi-Fi, ada beberapa cara lain yang bisa dicoba untuk menghemat pemakaian data internet di smartphone.

Dirangkum dari Technorms, meskipun ada persamaan dan perbedaan antara perangkat berbasis Apple dan Android, berikut Tek.id berikan cara mengurangi komsumsi data internet di Android dan Apple.

1. Cara menghemat data WhatsApp

Terdapat tiga cara menghemat data WhatsApp yang bisa pengguna lakukan. Pertama, dengan mengurangi konsumsi data saat panggilan suara atau video. Kedua, yakni menonaktifkan fitur unduh otomatis untuk setiap media yang pengguna terima. Sedangkan ketiga yakni menonaktifkan fitur backup data. Lebih lengkap, begini langkah-langkah untuk mengaktifkan setiap fitur di atas.

  • Mengaktifkan Fitur Hemat Data

Android: Ketuk ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas > ketuk Setelan > ketuk menu ‘Penyimpanan dan data’ > geser toggle pada menu ‘Kurangi Penggunaan Data’

iPhone: Masuk ke menu Setelan dengan ketuk ikon yang terletak di pojok kanan bagian bawah > pilih menu ‘Penyimpanan dan data’ > lalu aktifkan fitur ‘Kurangi Penggunaan Data’

  • Nonaktifkan Fitur Unduh Otomatis

Android: Masuk ke menu Setelan > ketuk menu ‘Penyimpanan dan data’ > ubah perintah jadi ‘Tidak ada media’ pada tiga menu yang terletak di bawah menu ‘Unduh otomatis media’

iPhone: Masuk ke menu Setelan > pilih menu ‘Penyimpanan dan data’ > di bawah menu ‘Unduh otomatis media’, ketuk jenis media dan ubah perintah jadi ‘Jangan Pernah’

  • Nonaktifkan fitur Cadangkan (Backup) Pesan WhatsApp

Android: Masuk ke menu Setelan > pilih ‘Chat’ > ketuk ‘Backup chat’ > di bawah menu ‘Setelan Google Drive’ ketuk menu ‘Backup ke Google Drive’ > pilih ‘Hanya ketika saya mengetuk Cadangkan’

iPhone: Masuk ke menu Setelan > ketuk menu Chat > ketuk ‘Cadangan Pesan’ > ketuk ‘Cadangkan Otomatis’ lalu ketuk pilihan ‘Matikan’

2. Cara menghemat data Instagram

Cara hemat Instagram yang pertama adalah dengan mengaktifkan fitur Use Less Data atau Penghemat Data, yang memang sudah tersedia di Instagram baik untuk Android dan Apple.

  • Buka profil IG kamu, klik menu titik tiga yang berada di pojok kanan-atas.
  • Klik menu Pengaturan di sebelah kanan bawah.
  • Pilih opsi Akun
  • Pilih opsi Pengaturan Data Seluler
  • Aktifkan fitur Penghemat Data (di Android) atau Lebih Sedikit Data (di iPhone) dengan menggeser toggle ke posisi aktif.

3. Cara menghemat data Google Meet

Tekan ikon tiga garis horizontal yang terdapat pada aplikasi Google Meet. Lalu pilih menu Settings atau pengaturan dan geser toggle pada opsi “Limit data usage”. Setelah opsi toggle tersebut aktif, maka Google Meet akan secara otomatis mengurangi penggunaan kuota internet selama sesi video conferencing berlangsung.

4. Manfaatkan fitur offline mode

Tak banyak yang tahu bahwa fitur offline mode merupakan cara yang efektif untuk menghemat kuota. Dengan mengaktifkan fitur ini, berarti paket internet pengguna tidak akan secara kontinyu menyedot kuota. Beberapa aplikasi yang memiliki fitur offline mode ini adalah Google Maps, Youtube, aplikasi streaming musik, dan lainnya.

5. Pasang notifikasi peringatan penggunaan data internet

Baik pengguna iOS atau Android, memeriksa pemakaian kuota di smartphone sebenarnya bukanlah suatu perkara yang sulit untuk dilakukan. Keduanya bisa dengan mudah memasang notifikasi penggunaan data internet dan membatasi penggunaannya.

  • iOS: Pengaturan, cari opsi data seluler, dan atur notifikasi seputar pemakaian data internet.
  • Android: Pengaturan, menuju opsi Jaringan, dan aktifkan fitur yang ingin digunakan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia