Admin WhatsApp Group dapat hapus pesan anggota

Kemampuan admin WAG untuk menghapus pesan anggota akan sangat berguna, terlebih sedang maraknya pesan berantai berisi hoax.

Admin WhatsApp Group memiliki kemampuan yang tidak dimiliki anggota lain. Perusahaan membekali admin kemampuan untuk mengolah grup agar menjadi lebih terkontrol, seperti mengundang anggota baru, membatasi kemampuan anggota dalam mengirim pesan, dan mengeluarkan anggota yang mungkin tidak patuh. Sekarang, tampaknya admin WAG akan memiliki kemampuan baru berdasarkan fitur yang diketahui sedang dikerjakan WhatsApp.

Menurut WABetaInfo dilansir dari Digital Trends (21/12), WhatsApp kemungkinan akan memberikan kemampuan menghapus pesan yang dikirim oleh anggota grup. Ini merupakan langkah yang baru, mengingat WhatsApp memiliki banyak aturan dalam menghapus pesan sendiri.

WhatsApp saat ini hanya mengizinkan pengirim asli pesan yang menghapus pesan mereka. Aplikasi juga tidak mengizinkan pesan-pesan tersebut dihapus setelah jangka waktu tertentu sejak dikirim. Satu-satunya pilihan yang tersisa bagi pengirim adalah opsi “Hapus untuk saya.” Namun, ini hanya menghapus pesan dari ponsel mereka, sementara anggota grup lain dapat melihatnya.

Dengan fitur baru yang terdapat dalam tangkapan layar yang diunggah WABetaInfo, admin grup akan memiliki kewenangan untuk menghapus pesan yang dikirim oleh anggota grup. Tangkapan layar menunjukkan teks bertuliskan, “Ini telah dihapus oleh admin” yang menggantikan isi dari pesan asli.

Kemampuan admin untuk menghapus pesan anggota akan sangat berguna, terlebih sedang maraknya pesan berantai berisi hoax. Admin yang sadar akan literasi digital, akan merasa bertanggungjawab dalam memfilter pesan yang masuk ke grup dan menghapus pesan-pesan yang berpotensi hoax. Fitur saat ini masih dalam tahap uji coba, jadi belum tersedia untuk setiap pengguna WhatsApp.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia