Daftar film MCU harus ditonton sebelum episode final Hawkeye

Marvel membagikan daftar film MCU yang harus ditonton sebelum menyaksikan episode terakhir Hawkeye yang tayang malam ini (22/12).

Hawkeye sudah tayang selama 4 minggu di Disney+ dan menampilkan 5 episode dengan adegan-adegan dan kemitraan yang tidak terduga satu sama lain. Jelang episode final yang akan tayang malam ini, Marvel membagikan daftar film MCU yang harus ditonton sebelum menyaksikan episode terakhir Hawkeye.

Daftar tersebut antara lain Thor, The Avengers, The Avengers: Age of Ultron, Captain America: Civil War, Avengers: Endgame, Black Widow, dan lima episode pertama Hawkeye. Sebelumnya, Hawkeye juga sudah memasukkan beberapa film ini ke daftarnya sejak serial ditayangkan pada 24 November.

Namun, koleksi yang juga mencakup Marvel Legends episode 9 & 14, What If…? dan Daredevil tidak disertakan dalam daftar terbaru ini. Padahal, Daredevil sangat relevan dengan penjahat yang bersekongkol dengan ibu Eleanor Bishop, Kingpin (Vincent D’Onofrio). Kemungkinan besar karena Daredevil ada di Netflix, jadi secara teknis tidak dianggap sebagai bagian dari MCU.

Marvel mengatakan setiap momen dari film di daftar akan mengarah ke episode final Hawkeye. Film-film tersebut juga hampir seluruhnya diperankan oleh Jeremy Renner sebagai Clint Barton, keciali Black Widow.

Black Widow kemungkinan disarankan untuk mengeksplorasi latar belakang Yelena Belova (Florence Pugh). Seperti diketahui, karakter tersebut pertama kali muncul di MCU dalam film Black Widow, sebagai adik dari Natasha Romanoff. Dengan menonton Black Widow, penonton akan tahu bagaimana kehidupan Yelena sebelum ia dimusnahkan oleh Thanos.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia