Meta gugat pelaku phising yang serang pengguna platformnya

Meta menyatakan penyerang mencoba mencuri kredensial login berbagai pengguna dari berbagai platform, dengan membuat halaman login palsu.

Belakangan ini serangan phising sedang meningkat dan banyak menyerang pengguna Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Dalam upaya menghentikan serangan phising yang sedang berlangsung, Meta mengajukan gugatan federal di pengadilan California, seperti dilaporkan Gizmochina (22/12).

Meta menyatakan penyerang mencoba mencuri kredensial login berbagai pengguna dari berbagai platform, dengan membuat halaman login palsu yang tampak seperti platform media sosial Meta. Tujuannya adalah untuk mengelabui pengguna agar memasukkan kredensial mereka, seperti nama pengguna dan kata sandi.

Untuk diketahui, serangan phising adalah praktik pengiriman komunikasi palsu yang terlihat berasal dari sumber terpercaya. Biasanya, phising dilakukan melalui email. Oknum yang melakukan serangan ini memiliki tujuan untuk mencuri data sensitif, seperti kartu kredit dan informasi login atau menginstal malware ke perangkat korban.

“Laporan serangan phishing telah meningkat di seluruh industri, dan kami mengambil tindakan ini untuk mengungkap identitas orang-orang di balik serangan dan menghentikan perilaku berbahaya mereka,” kata Jessica Romero, direktur platform dan litigasi Meta,

Melalui postingan blog, Meta mengatakan terdapat lebih dari 39.000 situs web palsu yang melakukan phising dan menyamar dengan menggunakan relay service yang mengarahkan lalu lintas internet ke halaman phising mereka, sekaligus menyembunyikan lokasi dan identitas sebenarnya. Relay service juga menutupi penyedia hosting online para pelaku.

Meta juga mengungkapkan, serangan phising meningkat sejak Maret 2021. Meta telah menangguhkan ribuan URL ke situs phising tersebut. Meskipun pelakunya belum diidentifikasi, namun gugatan merupakan langkah lain dalam tindakan melindungi keselamatan dan privasi orang. Dalam posting blog, Meta meyakinkan akan terus melawan serangan phishing yang mencoba menipu penggunanya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia