Kecepatan Starlink 200 Mbps saat dibawa sekencang 100km/jam

Dalam sebuah uji coba terbaru, internet milik Starlink berhasil menembus 200 mbps saat berkendara 100 km/j.

SpaceX kembali menguji coba jaringan internet luar angkasa mereka yang bernama Starlink. Kali ini, mereka melakukan uji coba kecepatan internet di Australia dengan cara yang bisa dibilang tidak biasa.

Wccftech (23/12) melaporkan SpaceX melakukan uji coba layanan internet mereka di kendaraan yang sedang berjalan. Mereka melakukan uji coba kecepatan internet di mobil yang berjalan 100 km/jam.

Seperti diketahui, Starlink yang menggunakan piring untuk terhubung ke satelit orbit Bumi rendah (LEO) untuk konektivitas internet mereka. Dan piringan ini dipasangkan pada Tesla Model X milik perusahaan.

Dan saat diuji, kecepatan yang didapatkan ada di kisaran 200 Mbps untuk download. Sedangkan kecepatan upload yang didapatkan adalah ada di kisaran 17 Mbps.

Tapi, kecepatan ini hanya bertahan sekitar 30 Km dari lokasi penerima satelit. Setelah 30 Km, kecepatannya menurun. Dan di kisaran 40 Km, sinyal internet dari Starlink benar-benar terputus seutuhnya.

Sementara itu, dalam pengujian lainnya, internet Starlink dapat berjalan pada kecepatan yang mengesankan di ketinggian. Mereka mendapatkan kecepatan hingga 370 Mbps pada ketinggian 9.300 kaki di Pegunungan Rocky di Colorado, Amerika Serikat.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia