Samsung kenalkan perangkat HDR10+ Gaming pertamanya

HDR10+ Gaming memiliki metadata visual yang lebih banyak daripada HDR10 reguler dan mendukung variable refresh rate (VRR).

Samsung telah mengumumkan perangkat pertamanya yang akan mendukung standar HDR10+ Gaming, versi HDR10 yang berfokus pada gim yang diperluas yang juga dapat dikalibrasi secara otomatis. HDR10+ Gaming awalnya diumumkan pada bulan Oktober, tetapi sekarang Samsung mengungkapkan bahwa jajaran TV QLED 2022 yang baru (seri Q70 ke atas) dan monitor gaming akan menjadi yang pertama mendukung standar tersebut.

Samsung bermitra dengan Saber Interactive untuk menghadirkan dukungan HDR10+ ke Redout 2 dan Pinball FX, yang keduanya akan dipamerkan di CES 2022. Selain itu, Game Mechanic Studios juga akan memiliki judull gim HDR10+ dengan Happy Trails and the Kidnapped Princess.

Dilansir dari The Verge (24/12), gim-gim yang dipamerkan Samsung berbeda dengan gim-gim besar yang tersedia pada standar HDR saingan: gim Dolby Vision – termasuk Halo Infinite, Gears 5, dan Call of Duty: Blacks Ops Cold War. Xbox Series X dan S sudah mendukung setidaknya sepuluh gim di Dolby Vision.

HDR10+ Gaming memiliki metadata visual yang lebih banyak daripada HDR10 reguler (menargetkan 4 kali kecerahan puncak), mendukung variable refresh rate (VRR), dan auto low latency mode (ALLM) untuk tampilan dan performa visual gim yang lebih baik. Samsung juga mengatakan standar HDR ini akan bekerja “lebih dari 120 Hz” tetapi tidak menjelaskan secara rinci.

Standar HDR saingan, Dolby Vision, sudah memiliki semua itu (kecuali untuk klaim 120 Hz ke atas). Selain itu, saingan Samsung, LG mengumumkan layar OLED C1 dan G1 dengan standar gim Dolby Vision pada bulan Juni tahun ini.

Seluruh pengalaman HDR10+, seperti halnya Dolby Vision, hanya dapat dijalankan jika seluruh pengaturan terintegrasi pada dukungan format. Ini berarti bahwa untuk menikmati HDR10+ Gaming, PC pengguna memerlukan kartu grafis NVIDIA (dengan dukungan untuk GeForce RTX 30 Series, RTX 20 Series, dan GPU GTX 16 Series), sebuah gim yang diprogram dengan metadata visual ekstra, dan salah satu layar baru Samsung (TV atau monitor) baru yang mendukung.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia