Samsung resmi perkenalkan SSD PCIe 5.0

Sayang, SSD PCIe 5.0 pertama Samsung akan ditujukan untuk server dan industri, bukan untuk pengguna umum.

Samsung baru saja mengumumkan kehadiran jajaran SSD baru yang menggunakan antarmuka PCIe 5.0. Seperti diketahui, saat ini PCIe gen 5.0 merupakan teknologi terkini dengan kecepatan transfer data yang besar.

Samsung menamakan SSD terbaru mereka sebagai PM1743. Namun sayangnya, SSD ini tidak dirancang untuk pengguna umum, namun dirancang untuk penggunaan server dan industri lainnya.

Selain akan menggunakan PCIe gen 5.0, SSD ini juga hadir dengan dengan V-NAND generasi keenam. Dengan perpaduan ini, SSD ini akan menawarkan kecepatan tinggi dan kestabilan yang sangat baik.

“Pengenalan SSD PCIe 5.0 kami, bersama dengan pengembangan produk berbasis PCIe 6.0 yang sedang berlangsung, akan semakin memperkuat kepemimpinan teknologi kami di pasar server perusahaan,” kata Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Tim Pengembangan Pengontrol Memori Samsung Electronics, Yong Ho Song seperti dikutip dari laman Wccftech (24/12).

Dengan menggunakan PCIe 5.0, sebuah SSD akan mendapatkan bandwidth transfer 32 Giga per detik, dimana dua kali lipat dari PCIe 4.0. Sedangkan untuk SAMSUNG PM1743 akan menampilkan kecepatan baca berurutan hingga 13.000 MB/s dan kecepatan baca acak 2.500K operasi input / output per detik (IOPS).

SSD ini juga menawarkan kecepatan 1,9x dan 1,7x lebih cepat dari produk berbasis PCIe 4.0 sebelumnya. Selain itu, kecepatan tulis telah meningkat secara signifikan, dengan kecepatan tulis berurutan masing-masing 6.600 MB/s dan kecepatan penulisan acak 250K IOPS, juga memberikan kecepatan 1,7x dan 1,9x masing-masing lebih cepat.

Tak ketinggalan, SSD baru ini dapat memberikan peningkatan efisiensi daya hingga 608 MB/s. SSD ini juga tersedia dalam berbagai kapasitas dari 1,92 terabyte (TB) hingga 15,36TB serta hadir dengan teknologi keamanan baru.

Samsung akan menawarkan PM1743 dalam form factor 2,5 inci konvensional, serta dalam EDSFF 3 inci (E3) yang saat ini menjadi form factor SSD yang semakin populer di kalangan industri server.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia