TV ini bisa berikan rasa makanan yang tampil di layar

Taste the TV (TTTV) adalah perangkat buatan profesor Homei Miyashita yang dapat menciptakan pengalaman menonton multi-indera.

Seorang profesor asal Jepang dari Universitas Meiji, Homei Miyashita mengembangkan prototipe layar TV yang dapat menciptakan pengalaman menonton multi-indera. Disebut Taste the TV (TTTV), perangkat ini memungkinkan pengguna untuk merasakan rasa makanan apapun yang tampil di layar.

Dilansir dari Reuters (25/12), TTTV menggunakan 10 tabung rasa yang disemprotkan dalam kombinasi untuk menciptakan rasa makanan tertentu. Sampel rasa kemudian digulung pada film higienis di atas layar TV datar, untuk dapat dijilat oleh para pengguna.

“Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang mendapatkan pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah,” kata Miyashita.

Dalam mengembangkan teknologi ini, Miyashita dibantu oleh tim yang terdiri dari sekitar 30 mahasiswa. Mereka telah memproduksi berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk garpu yang dapat memaksimalkan rasa makanan. Miyashita mengatakan, prototipe TTTV sendiri dibuat selama satu tahun terakhir dan versi komersial akan menelan biaya sekitar USD875 untuk produksinya.

Teknologi semprotan yang ia buat juga sudah menarik sebuah perusahaan, yang dilaporkan melakukan pembicaraan dengan Miyashita. Profesor berharap, teknologi tersebut dapat menciptakan platform dimana selera dari seluruh dunia dapat diunduh dan dinikmati oleh pengguna, seperti halnya musik saat ini.

Seorang mahasiswa Meiji mendemonstrasikan cara menggunakan TTTV. Pertama-tama, dia memberi tahu layar bahwa dia ingin mencicipi cokelat manis. Setelah beberapa kali mencoba, suara otomatis mengulangi pesanan dan pancaran rasa menyemprotkan sampel ke lembaran plastik.

“Ini seperti cokelat susu,” kata mahasiswa tersebut. “Ini manis seperti saus cokelat.”

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia