Cara agar AirPods tidak terhubung otomatis ke perangkat lain

Fitur peralihan otomatis memungkinkan AirPods untuk digunakan di beberapa perangkat dengan perpindahan yang mulus.

Apple memperkenalkan fitur peralihan otomatis AirPods pada September 2020. Fitur ini memungkinkan AirPods dan headphone Beats tertentu untuk digunakan di beberapa perangkat dengan perpindahan yang mulus. Karena AirPods dihubungkan ke Apple ID, semua perangkat Apple yang masuk ke akun yang sama dapat berbagi AirPods.

“Misalnya, jika Anda mendengarkan musik di Mac dengan AirPods tetapi Anda ingin mendengarkan di iPhone, mulailah memutar musik, podcast, atau audio lainnya di iPhone—AirPods Anda beralih ke iPhone secara otomatis,” tulis Apple di halaman dukungannya. “AirPods Anda juga beralih secara otomatis ke iPhone saat Anda melakukan panggilan.”

Terlepas dari kenyamanan peralihan otomatis, ada kalanya fitur ini bisa mengganggu. Untungnya, fitur ini dapat dimatikan dengan mudah. Untuk menonaktifkan peralihan otomatis, Anda harus berada di perangkat yang terhubung dengan AirPods saat ini. Berikut adalah langkah-langkah melalui perangkat yang berbeda.

Petunjuk untuk iPhone atau iPad

  • Buka Pengaturan dan pilih Bluetooth
  • Ketuk ikon Info di sebelah AirPods dan cari “Connect to This [Device]”
  • Ubah opsi koneksi ke “When Last Connected to This [Device].”

Petunjuk untuk Mac

  • Buka System Preferences
  • Pilih Bluetooth lalu klik “Options” di sebelah AirPods
  • Di samping opsi “Connect to This Mac” pilih “When Last Connected to This Mac”
  • Saat opsi ini dipilih, AirPods akan secara otomatis terhubung ke perangkat terakhir yang terhubung secara manual, dan tidak akan beralih ke perangkat lain secara otomatis.

Satu hal penting yang harus diperhatikan: Anda harus mengikuti langkah-langkah di atas tergantung pada perangkat mana yang tidak ingin terhubung AirPods. Misalnya, Anda hanya ingin AirPods terhubung di iPhone dan tidak terhubung secara otomatis ke Mac, maka ikuti Petunjuk untuk Mac, begitu juga sebaliknya.

Mudah bukan Sahabat Tek? Baca tips dan trik lainnya terkait teknologi di Tek.id ya!

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia