Peningkatan performa Exynos 2200 tak mengagumkan

Dalam sebuah bocoran terbaru, disebutkan bahwa peningkatan performa Exynos 2200 tidak akan terlalu besar.

Samsung disebut telah siap untuk merilis chipset generasi terbaru mereka yang disebut sebagai Exynos 2200. Seperti diketahui, SoC ini merupakan hasil kerjasama antara Samsung dan AMD selama beberapa bulan belakangan ini.

Para penggemar teknologi berharap kolaborasi ini akan menghasilkan sebuah GPU yang dapat menandingi SoC premium milik Qualcomm, bahkan SoC milik Apple. Namun, tampaknya kita harus kecewa.

Hal ini dikarenakan dalam sebuah bocoran terbaru, Exynos 2200 dikabarkan hanya akan mendapatkan peningkatan performa yang kecil. SoC ini hanya akan mendapatkan peningkatan 5% dalam kinerja CPU dan 17% dalam kinerja GPU, seperti dilansir Wccftech (28/12).

Jika bocoran ini benar, maka peningkatan performa Exynos 2200 dari Exynos 2100 memang tidak terlalu besar. Seperti diketahui, Exynos 2100 membawa peningkatan 30% kinerja CPU dan 40% kinerja GPU bila dibandingkan dengan Exynos 990.

Akan tetapi, bisa saja bocoran yang kali ini mencuat adalah hasil pengujian yang menggunakan chipset purwarupa. Bisa saja, SoC Exynos 2200 yang sudah rampung 100% akan memiliki peningkatan yang signifikan.

Tapi, di sisi lain, dalam beberapa bocoran lainnya disebut bahwa Exynos 2200 akan menampilkan peningkatan performa NPU hingga 117%. Dengan peningkatan ini, SoC ini dapat memiliki AI yang lebih kencang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia