Seoul gunakan AI untuk deteksi upaya bunuh diri

Sistem akan mengirim sinyak ke tim penyelemat setelah kamera mendeteksi orang yang terlalu lama berada di Jembatan Sungai Han sambil menunjukkan perilaku mencurigakan.

Seoul, Korea Selatan menggunakan teknologi berbasis AI sebagai cara baru untuk mencegah percobaan bunuh diri. Jembatan di sepanjang Sungai Han yang berada di ibu kota Korea Selatan itu dikenal sebagai tempat bunuh diri. Sekitar 500 orang melakukan percobaan bunuh diri setiap tahun, menurut Korea Times.

Dilansir dari Business Insider (28/12), sistem baru Seoul melibatkan jaringan kamera video yang diprogram untuk mendeteksi perilaku khas manusia yang mungkin mempertimbangkan upaya bunuh diri.

Melalui pembelajaran mesin, kamera ini akan membidik orang yang terlalu lama berada di jembatan, sambil menguatkan temuan mereka dengan melihat rekaman pengawasan lainnya dari area tersebut.

Sistem kemudian akan mengirim sinyal ke tim penyelamat yang berada dekat dari jembatan. Dengan demikian, petugas operator dapat dengan cepat mengerahkan perahu dan personel penyelamat, baik untuk menghentikan bunuh diri yang belum terjadi atau menyelamatkan orang tersebut yang sudah terjun bebas ke sungai Han.

Teknologi ini dikembangkan selama satu setengah tahun terakhir oleh Seoul Metropolitan Fire and Disaster Headquarters yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Seoul.

“Hal terpenting dalam menyelamatkan orang yang mencoba bunuh diri adalah mereka harus dihentikan sebelum mereka masuk ke dalam air. Setelah itu terjadi, tingkat kelangsungan hidup turun di bawah 50%,” kata juru bicara Seoul Metropolitan Fire and Disaster kepada Korea Times.

“Kami memantau 572 kamera CCTV di pusat kendali, sehingga tidak mudah bagi segelintir pekerja untuk menangkap semuanya. Tapi sekarang sistem AI memilih rekaman seseorang yang menunjukkan perilaku mencurigakan dan membunyikan alarm sehingga tim penyelamat dapat merespons lebih cepat,” lanjutnya.

The Korea Times mencatat lebih dari 28 jembatan di sepanjang Sungai Han telah memasang berbagai tindakan pencegahan bunuh diri. Ini termasuk sensor tekanan di Jembatan Mapo yang mendeteksi seseorang yang mencengkeram pagar pembatas lebih keras dari biasanya. Selain itu, sensor di Jembatan Seogang dapat memperingatkan penyelamat ketika mendeteksi seseorang yang jatuh di bawahnya.

Korea Selatan secara konsisten mencatat angka bunuh diri tertinggi di antara negara-negara maju. Menurut laporan The Korea Herald, bunuh diri adalah penyebab utama kematian di kalangan anak muda di negara itu, dan telah terjadi sejak 2007.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia