Alasan Samsung tunda meluncurkan Exynos 2200

Ternyata, Samsung masih membutuhkan waktu untuk menyempurnakan pengaturan Exynos 2200 agar dapat mengalahkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Beberapa waktu lalu, Samsung mengumumkan bahwa mereka akan menunda peluncuran SoC terbaru mereka untuk beberapa waktu kedepan. Padahal, penggemar teknologi sudah tak sabar untuk menantikan kehadiran SoC tersebut.

Seperti diketahui, Samsung disebut akan memperkenalkan Exynos 2200 pertengahan Januari ini. SoC ini disebut akan menjadi tandingan dari SoC terbaru Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1.

Namun ternyata, alasan dibalik penundaan ini ternyata cukup mengesankan. Sebab, Samsung hingga saat ini masih melakukan beberapa penyesuaian agar SoC mereka bisa mengungguli para pesaingnya.

Dan benar saja, dalam sebuah bocoran terbaru, disebutkan bahwa Samsung berhasil melakukan hal tersebut. Dalam sebuah bocoran benchmark Geekbench 5, Exynos 2200 mampu mengalahkan Snapdragon 8 Gen 1.

Perangkat yang digunakan untuk melakukan pengujian ini diketahui memiliki kode SM-S908B dan SM-S901U. Ternyata, kedua perangkat tersebut berhasil mengungguli performa Snapdragon 8 Gen 1 dalam tes multi-core.

Meski dapat mengungguli Snapdragon 8 Gen 1 di pengujian Geekbench multi-core, namun Exynos 2200 masih kalah di beberapa pengujian lainnya. Salah satunya adalah dalam pengujian single-core, dimana Snapdragon 8 Gen 1 unggul dengan selisih yang cukup besar.

Tapi, meski dapat mencapai kecepatan multi-core yang tinggi, ada beberapa hal yang harus dikorbankan oleh perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Mereka disebut menurunkan kecepatan GPU RDNA2 yang ada di SoC ini karena mengalami masalah overheat, seperti dikutipd dari Wccftech (14/1).

Hingga saat ini, masih belum diketahui kapan Samsung akan secara resmi memperkenalkan Exynos 2200. Beberapa pihak mengatakan bahwa mereka yakin Samsung akan memperkenalkan SoC ini pada 8 Februari, bertepatan dengan peluncuran Galaxy S22 series.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia